Laman

Thursday 25 November 2010

Agar Anda Tahu kapan dibohongi ?

Ciri-ciri Kebohongan

liarSaat anda menyadari bahwa anda telah dibohongi, haruskah anda segera menanggapi pembohong itu? Biasanya tidak. Pendekatan tebaik adalah mengingat fakta yang ada di pikaran anda dan melanjutkannya dengan sebuah pecakapan. Cobalah untuk mendapatkan dan menyaring lebih banyak informasi. Ketika anda menghadapi orang yang berbohong kepada anda, biasanya nada bicara akan berubah dan untuk mendapatkan fakta akan menjadi lebih sulit. Tetapi meskipun demikian, bersabarlah sampai ada mendapatkan cukup bukti yang anda butuhkan dan putuskan untuk segera menghadapi ataukah anda akan menunda sampai saat yang anda rasa lebih tepat dan tentunya lebih menguntungkan bagi anda.

Bahasa Tubuh

* Ketika sedang bebicara orang yang sedang berbohong biasanya hanya akan melakukan sedikit kontak mata atau bahkan tidak sama sekali. Biasanya orang yang sedang berbohong apapun untuk menghindari kontak mata.
* Ekspresi tubuh akan sangat sedikt, biasanya hanya dengan menggerak-gerakan jari-jari tangan atau menggerakan tangannya. Gerakan tubuhnya akan terlihat kaku dan tidak natural.
* Perhatikan tangannya. Biasanya orang yang sedang berbohong akan merasa gugup dan mengusap wajah atau lehernya. Sering juga mereka meletakan jari tangannya di bibir atau hidung bahkan telinga bagian belakang.
* Pada saat menjawab suatu pertanyaan yang tiba-tiba, mereka akan selalu berusaha untuk tetap terlihat tenang dan santai. Kemungkinan mereka akan sedikit mengangkat bahunya saat menghadapi hal seperti itu.

Perilaku Emosional dan Ekspresi

* Ada waktu jeda antara ekspresi dan kata-kata. Ekspresinya biasanya akan muncul setelah mereka menyatakan suatu pernyataan dan itu akan terlihat tidak alami. Misalnya saja ketia berkata “Aku sangat marah” … jeda … dan kemudian mereka menampakan ekspresi kemarahannya.
* Gerakan kepala akan terlihat tidak alami dan tanpa ada penekanan terhadap pernyataan yang disampaikan, menandakan suatu gerakan yang sengaja dibut-buat.
* Isyarat tubuhnya tidak sesuai dengan pernyataan yang disampaikan. Misalnya dengan mengerutkan dahi pada saat berkata “saya suka kamu” dan sebagainya.
* Isyarat tubuh tidak tepat waktu dan berhenti dengan tidak alami.

Interaksi

Rumusan yang harus diingat adalah pada saat kita menuduh seseorang telah berbohong atau berbuat salah , orang yang benar-benar bersalah akan mencoba mempertahankan argumennnya. Orang yang tidak bersalah biasanya akan mencoba untuk menyerang balik dengan argumennya.

Beberapa cirri orang yang melakukan kesalahan :

* Mereka akan merasa segan untuk menghadapi orang yang telah menudingnya dengan tuduhan bersalah. Mereka mungkin akan memalingkan wajahnya atau sedikit menggeser tubuhnya kebelakang.
* Orang yang memang sedang berbohong kemungkinan besar akan terlihat sedikit membungkuk, dan posisi berdirinya tidak tegap. Mereka akan terlihat seoralah-olah merasa sedikit lemah karena kegelisahan yang mereka alami.
* Mereka akan sedikit menjauh dari orang yang mengajaknya bicara
* Hanya akan terjadi sedikit kontak ketika mereka berusaha untuk meyakinkan anda
* Mereka biasanya tidak akan berani untuk menunjuk lawan bicara yang mereka mereka coba yakinkan
* Mereka mungkin akan meletakan benda diantara dirinya dan orang yang mereka ajak bicara, isyalnya saja minuman, buku atau sebagainya sebagai penghalang dan pengaliha perhatian. Dan ketika itu mereka akan berusaha untuk mengalihkan topic pembicaraan

Apa yang dikatakan?

Mereka akan menggunakan bagian dari pertanyaan anda sebagai jawaban. Ketika ditanya “Apakah kamu mencurangiku?”. Orang yang berbohong akan menjawab “Aku tidak mencurangimu”. Seabagai tambahan, apabila orang yang kita curigai mengeluarkan pernyataan dengan singkatan atau kata ganti, seperi “kuberkata jujur padamu”, sebagai pengganti “aku berkata jujur pada kamu”, maka kemungkinannya 60% dia berkata benar.

No comments:

Post a Comment