Laman

Tuesday 4 July 2023

Taqwa vs Fujur (membuat tabel skor harian)

Bismillahirrahmanirrahim

Manusia diciptakan Allah dengan lengkap segala kelebihan yang dimiliki. Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang paling mulia di antara makhluk lainnya karena dilengkapi dengan kelebihan fisik, akal dan nafsu.

Roh yang ditiup kan ke Janin adalah sumber-sumber dari segala kebaikan (Taqwa), pada saat manusia tsb hadir ke muka bumi, maka manusia tersebut sudah menjadi Taqwa (ber Iman hanya kepada Allah). Adapun katalis dari Taqwa (bermakna kebaikan dalam diri manusia) adalah Fujur (sifat-sifat buruk yang terpendam di dalam diri).

QS Asy-Syams: 8-10, “Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya, sesungguhnya beruntunglah orang yang menyucikan jiwa itu, dan merugilah orang yang mengotorinya.”

Allah mengilhamkan kepada manusia sifat buruk (fujur) bukanlah bermaksud ingin mencelakakan manusia. Justru sifat fujur itu diciptakan untuk memaksimalkan sifat takwa manusia sehingga ia bisa menjadi pribadi yang mulia dengan takwanya. Karenanya, keberadaan sifat fujur akan mendorong manusia untuk tazkiyat al-nafs atau menyucikan jiwa. Terkait konsep tentang penyucian jiwa, hal ini telah difirmankan oleh Allah SWT melalui QS Al A’ala:14, “Qad aflaha man tazakka.”

“Pensucian jiwa itu merupakan pilar kedua dalam al-Quran setelah membenarkan akidah kita. Jadi makna tazkiyat al-nafs secara konseptual berarti meyucikan jiwa (harta - zakat)

Selain dengan harta, penyucian jiwa juga dapat dilakukan dengan pembersihan diri dari sifat kebuasan, kebinatangan, dan setan untuk kemudian mengisi dengan sifat-sifat terpuji, yaitu dengan menghadirkan kebaikan-kebaikan di dalam pikiran, hati, dan perbuatan kita sesuai dengan yang dikehendaki Allah SWT.

Akhlakul Mazmumah (akhlak tercela) ini adalah kebalikan dari Akhlakul Mahmudah (akhlak yang terpuji).

Adapun Akhlak tercela sbb :

Munafik

Takabbur

Tamak

Riya

Dengki

Kikir

Bakhil

Dendam

Khianat

Ujub

Sombong

Fitnah

Ghibah

Putus Asa

Boros

Serakah

Merusak dan mencemari alam.

Jorok

Menghasut

dll

Adapun Akhlak terpuji sbb :

Taqwa

Pemaaf

Syukur

Pemalu

Benar

Jujur

Sabar

Rendah hati

Hemat

Suka menolong

Dermawan

dll

Disini penulis ingin membuat Tabel skor harian, agar supaya kegiatan sehari hari kita bisa ketahuan apa yg kita lakukan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Apakah yang memenangkan setiap pertandingan harian AKHLAK TERCELA atau AKHLAK TERPUJI.

Dan hasil SKOR tersebut hanya diri kita dan Allah yang mengetahui

Hayukkk lakukan secepat mungkin untuk membuat TABEL SKOR tersebut.

Sekian dari Penulis

No comments:

Post a Comment